1 Komentar

PENYEDIAAN JASA JAMINAN KESEHATAN KUKAR 2010 DIDUGA SANGAT BERMASALAH


Tenggarong, Gerkan Aktif

Penyediaan jasa kesehatan kutai kartanegara 2010 yang diperuntukan bagi pegawai negri sipil (PNS) dan pensiun di Kutai Kartanegara di duga bermasalah. Untuk program penyediaan jaminan kesehatan itu pemkab kukar mengalokasikan anggaran sekitar Rp 25 milyar lebih untuk belanja premi asuransi kesehatan.

Dalam realisasinya ada kejanggalan yang menimbulkan potensi merugikan keuangan daerah, seperti adanya jumlah peserta jaminan kesehatan yang tidak berdasarkan jumlah dan nama peserta dipinitif sebab bedasarkan kontrak jumlah peserta antara pemerintah dengan pihak rekanul ada sekitar 6.75 orang peserta, padahal sesuai dengan rekapitulasi data pegawai beserta, keluarga orang.

Selain itu, jaminan kesehatan juga diberikan kepada pensiun PNS yang sebenarnya hal itu menjadi tanggung jawab pemerintah pusat berdasarkan peraturan pemerintah nomor 28 tahun 2003, namun oleh pemerintah Kukar dianggarkan Rp 817 juta untuk nilai premi asuransi sebesar Rp 21.300 kepada 5.422 orang.

Selanjutna adanya penerbitan jumlah kartu yang tidak dengan jumlah yang tertuang dalam kontrak kerja, yang membuat pemkab membayar kelebihan jumlah peserta hingga mencapai 6 milyar lebih, serta adanya penerbitan kartu ganda atas peserta yang sama.

jumlah kartu ganda dengan peserta yang sama itu mencapai 823 peserta. Penyebabnya terjadinya kartu ganda karena peserta merupakan suami/istri yang bekerja sebagai pegawai di lingkungan Pemkab Kukar, sehingga suami selaku pegawai menanggung istri dan dua anak, sedangkan istri selaku pegawai juga menanggung suami dan dua anak yang sama.

Hal tersebut bertentangan dengan peraturan pemerintah nomor 29 tahun 2003 tentang subsidi dan iuran pemerintah dalam penyelenggaraan ansuransi kesehatan bagi PNS dan pensiunan. Serta idak sesuai dengan peraturan nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Muhib bin Ali ketua lembaga swadaya masyarakat (LSM) berharap aparat penegak hukum tidak menutup mata menyikapi kasus ini. “kita minta aparat hukum di kukar mengusut tuntas agar hal demikian kedepannya tidak lagi terjadi di kukar. Proses lelang di lakukan secara benar dan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” Terangnya.

Disamping itu pula, terindikasi terhadap jumlah PNS yang valid juga perlu dilakukan, agar kasus terjadinya ganda penertiban kartu peserta asuransi terjadi kelebihan pembayaran jaminan kesehatan itu tidak terulang lagi. (Kadirah)

 

One comment on “PENYEDIAAN JASA JAMINAN KESEHATAN KUKAR 2010 DIDUGA SANGAT BERMASALAH

  1. Indonesia…! dimanakah kini engkau berada…?
    Dunia yang kini, semakin panas membara…!
    Disana-sini telah menjamur subur lahan tambang batu bara…
    Hai Indonesia…! kemana lagi engkau akan mengembara…?
    Mengejar Duniawi laksana Surga…
    Sadarkah engkau hai Indonesia…!
    Perut bumi yang kini sudah merana, akibat ulah oknum para durjana…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: