Tinggalkan komentar

WARGA DESA SIKAMAKMUR PERTANYAKAN PLASMA PT. GSA YANG DIDUGA INGKAR DAN LANGGAR PERJANJIAN KEMITRAAN


 

Sukamakmur, Sergap

Sekretaris Desa (Sekdes), Sikamakmur Yumi ketika menerima kunjungan wartawan Gangga Post di ruang tamu Kantor Desa, Sikamakmur, ketika di konfermasi memberikan keterangan, aktifitas PT. Gemilang Sejahtera Abadi (GSA) yangbergerak dibidang perkebunan Kelapa Sawit di wilayahDesa Sikamakmur. Atas nama Kepala DesaSikamakmur Sdr Sukimin, atas nama Ketua BadanPengawas Desa Jono Safari dan atas nama MasyarakatDesa Sikamakmur pada tanggal 3 Maret 2009 yanglalu telah myampaikan surat formil tentang pernyataansikap dan sekaligus pemberitahuan kepada Bupati Kutai Timur yang berkaitan dengan permaslahan persengketaan batas wilayah antara Desa Muara Dun Ulu dengan Desa Sikamakmur. Desa Muara Dun Ulu telah memasuki wilayah Desa Sikamakmur yang kini wilayah bersengketa tersebut oleh Bupati Kutai Timur diberi izin perkebunan kelapa sawit atas nama PT. GSA.

Pemerintah Desa Sikamakmur menyampaikan pernyataan sikap dan memberitahukan, yaitu pada dasarnya Desa Sikamakmur merupakan Desa ExsTransmigrasi yang telah memiliki batas dan luas wilayah yang jelas, sesuai dengan Surat Keputusan(SK) Gubernur Nomor. 06 Tahun 1997 Tentang

penetapan Desa Sikamakmur sebagai Desa definitif danselanjutnya Pemerintah Desa Sikamakmur berharapkepada Pemerintah Daerah Kutai Timur, agar dalam

mengambil keputusan pemberian izin lokasi terhadap PT. GSA untuk ditinjau kembali terkait permasalah persengketaan tersebut dan agar dapat membuat keputusan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan memperhatikan dan mengakomodir keterangan wilayah Desa Sikamakmur yang jelas, sesuai dengan SK Gubernur tersebut, sehingga, luas administers Desa Sikamakmur dapat diakui sebagai satu kesatuan wilayah yang sah.

Desa Sikamakmur (SP.I) dengan luas, wilayah -+ 12. 500 Ha yang terdiri dari 250 KK, 7 Ketua RT dan 2 Dusun yang memiliki lahan basah -+ 120 Ha dan lahan pekarangan 60 Ha, lahan II 250 Ha dan yang masuk jadi kebun sawit PT. GSA adalah -+ 400 Ha dan 1500 Ha yang masuk dalam wilayah Pemerintah Desa Sikamakmur. Ada Lima Ratus lembar Sertifikat Masyarakat Desa Sikamakmur ( Sertifikat Lahan Transmigrasi ) yang telah diterbitkan oleh Pemerintah, yang dijaminkan (kembali) oleh PT. GSA untuk membangun kebun plasma yang keberadaannya (plasma) di pertanyakan oleh Masyarakat Desa Sikamakmur dengan perjanjian 20% dan 80% ada sekitar 170 Ha yang ikut bermitra dengan PT. GSA hanya memberikan Rp. 750. 000,- berupa tali asih perhektar dan hingga, saat ini plasma yang dijanjikan tersebut ternyata tidak ada dan tidak bisa dibuktikan kebenaranya, sementara Sertifikat milik Masyarakat (Exs Tramigrasi) yang dari Pemerintah tersebut oleh PT. GSA dijaminkan ke Bank untuk membangun kebun plasma yang tidak bisa dibuktikan keberadaanya dan tidak pernah dinikmati oleh Masyarkat hingga saat ini, sambil menutup keterangan Yurni mengatakan ” Awalnya PT. GSA hanya meminjam saja tanah wilayah Desa Sikamakmur untuk ditanami bibit sawit loh pak ?

Selanjutnya pads tanggal 01-04-2009 terbitlah surat kesepakatan kerjasama pembangunan kemitraan kelapa sawit antara Koperasi Serba Usaha Gunung Emas Cemerlang dengan PT. Gemilang Sejahtera Abadi dengan No. – GSA-KSU.GEC/KK/02/IV/2009 yang ditanda tangani oleh Bapak Susilo selaku Ketua Koperasi Seba Usaha Gunung Emas Cemerlang dan Asep Sirojudin Berta Herry Mulyana dari menejemen PT. Gemilang Sejahtera Abadi selaku pihak kedua, yang ditanda tangani di Long Mesangat pads 1 April 2009. (Medy Saputra J)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: