Tinggalkan komentar

Desa Gunung Sari Gelar Maulid Nabi di masjid NURUL JANNAH


MAULUD 2 MAULUDTenggarong, Gerakan Aktif

Masyarakat Desa Gunung Sari Kabupaten Kutai Kartanegara memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di masjid NURUL JANNAH, tampak hadir Ketetua PHBI beserta Anggotanya,  Iman Pak. H. Sukri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Ibuk Yasinan, serta Seluruh Aparat Desa Gunung Sari.

Kepala Desa Gunung Sari Suriansyah dalam sambutannya atas nama pemerintah Desa dan peribadi,  Mungucapkan Terima kasih Kepada Panitia, Ibuk PKK ,Ibuk Yasinan, dan Seluruh Masyarakat Desa Gunung Sari, yang telah membantu dalam pelaksanaan Maulud yang telah kita laksanakan.

Apa latar belakang dari peringatan Maulid Nabi yang setiap tahun diperingati oleh segala lapisan ummat Islam dan hampir dianggap wajib. Tidak lain hanyalah karena saat itu setelah bertahun- tahun Rasulullah saw, wafat perjuangan islam hampir punah, disana sini hanya memikirkan kepentingan pribadi belaka. Maka ada salah seorang mubaligh yang mempunyai gagasan agar di adakan peringatan maulud nabi Muhammad saw. Yang disana dibentangkan tentang perjuangan rasulullah saw. Dalam memperjuangan agama islam agar bisa bangkit kembali semua orang Islam untuk memperjuangkan agama Allah sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh Rasulullah saw. Ketika beliau masih hidup. Maka setelah diadakan peringatan tersebut perjuangan ummat islam menjadi semangat lagi sampai pada zaman kita sekarang ini.

Ada rahasia apakah dalam terutusnya Nabi Muhammad saw. Sehingga beliu termasuk Nabi pilihan dan masih banyak lagi predikat Keunggulan serta teladan bagi para rasul, tidak lain adalah merupakan Rahmat bagi seluruh alam.bagaimana firman allah dalam AL-Qur’an Surah Al-Anbiya’ ayat : 107 .

Selanjutnya marilah kita amati dari segi politik, sebelum beliau diutus saat itu perang antara suku, perang antara golongan yang menjadi penyebab adalah antara sikaya dan simiskin. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Jahiliyah.

Maka setelah Rasulullah di utus melalui syariat agama islam, masyarakat yang sudah bejat tersebut dalam jangka waktu yang singkat bisa dirubah menjadi manusia yang berbudi luhur. Dan dengan budi Akhlaq yang luhur itulah letak keluhuran derajat manusia. Yang terakhir marilah kita amati dari segi kemasyarakatan. Sebelum beliau diutus, saat itu hukum yang berlaku adalah hukum rimba. Siapa yang kuat itulah yang menang, siapa yang lemah itulah yang ditindas serta menjadi mangsanya. Adapun setelah Rasulullah saw,diutus,maka hukum rimba bisa dihapus dan diberantas sampai tuntas,hingga menjadi orang yang berbudi luhur serta berwibawa.

“ Semoga di tahun 2014 kita dapat menyelenggarakan, peringatan hari besar islam ,di masjid yang baru dalam suasana yang sangat berbeda dengan malam ini, dan harapan kami selaku penyelenggara roda pemerintah Desa Gunung Sari sangat berterima kasih kepada yayasan yang sudah mau memikirkan masyarakat islam khususnya warga Desa Gunung Sari”

Setelah kita perhatikan firman allah tersebut maka kita bisa mengumpulkan bahwa Terutusnya Nabi Muhammad saw adalah merupakan rahmat bagi seluruh alam untuk menamkan rasa kasih sayang kepadanya. Apakah itu alam yang merupakan manusia, hewan-hewan, flora dan fauna maupun tumbuh-tumbuhan,semuanya itu akan memperoleh rahmat atau kasih sayang melalui utusan Rasulullah saw.

Setelah mereka mengalami kerusakan yang luar biasa tersebut, maka Allah mengutus Muhammad saw,yang datang dengan membaca ayat- ayat Al-Qur’an sebagai wahyu Allah untuk memperbaiki dan sekaligus mengangkat derajat serta harga diri manusia tersebut.

Dari sanalah Rasul saw, mengangkat derajat mereka yang semula lebih hina dari semua bentuk yang di sembah mereka, misalnya patung, berhala dan lain sebagainya, kemudian mereka tetap menjaga nilai-nilai manusia yang semestinya diciptakan sebagai mahluk yang termulya dengan berserah diri serta menyembah kepada Allah.(adv)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: