Tinggalkan komentar

DIPERLUKAN KOMITMEN SERTA PERSAMAAN PERSEPSI BERSAMA DALAM MEMBANGUN PERKEBUNAN KARET KAKAU KOPI DAN SAWIT.


malinauMalinau gerakanaktif

Mewujudkan cita cita Reformasi dan Otonomi  Kadin Malinau sbagai mitra pemerintah daerah Kab Malinau memiliki tanggung jawab dalam menciptakan ekonomi yang mengarah pada kesejahteraan masyarakat dari segala sektor.

Keinginan kuat dari Kadin dalam bermitra dengan pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat dalam mencipatakan strategi pengembangan ekonomi masyarakat Malinau khususnya.Sesuai geografis malinau yang  memiliki petensi sumber daya alam yang sangat mendukung dalam pertumbuhan serta penciptaan ekonomi kerakyatan.

Dua sektor perkebunan dan pertanian merupakan peluang besar untuk pertumbuhan ekonomi  masyarakat Malinau. Karena Sektor perkebunan pertanian merupakan faktor utama tumbuh berkembangnya ekonomi yang akan mampu merubah suatu daerah berubah dari desa pertanian menjadi agropolitan atau pusat pertanian perkebunan.

Selama ini Malinau di kenal sebagai sentral komoditi  kakau dan kopi,tetapi dalam kurun waktu ada penurunan yang sangat pesat.Maka hal ini merupakan tanggung  jawab dan tantangan semua elemen masyarakat Malinau untuk bisa mengembalikan sektor unggulan tersebut.

Begitu  juga dengan komoditi lainnya seperti karet kelapa sawit sebagian masyarakat sudah memiliki bahwa hal ini merupakan arah atau faktor positif pertumbuhan ekonomi dalam kurun sekian  waktu kedepan akan menjadi dan menentukan pertumbuhan ekonomi masyarakat malinau.

Tentu untuk mencapai pertumbuhan ekonomi  yang bersumber dari sektor perkebunan pertanian memerlukan komitmen bersama dan persamaan persepsi  seluruh elemen masyarakat Malinau baik pemerintah pengusaha dan masyarakat sebagai pelaku dalam pembangunan prioritas serta tumbuh berkembangnya ekonomi.

Pemerintah daerah dan pengusaha lokal merupakan kelompok yang berpengaruh dalam menentukan tumbuh berkembangnya ekonomi daerah.Begitu juga masyarakat sebagai pelaku utama dalam menjalankan rada ekonomi dan menjalankan program program pemerintah yang mengarah pada kesejahteran yang nyata.

Seperti yang di kemukakan diatas bahwa empat komoditi KAKAU KOPI KARET SERTA SAWIT hal ini merupakan komoditi ekspor.Guna mendukung serta tercapainya pembangunan empat komoditi tersebut  perlu bantuan yang bisa memberikan pada pelaku ekonomi dari sektor tersebut suatu pemahaman dan bekal pembelajaran berupa penyuluhan dan perhatian yang berkesinambungab dari pemerintah baik dinas terkait  maupun para pengusaha sebagai mitra pemerintah dan masyarakat secara intensif.

Begitu  juga dengan  harapan keberhasilan  komoditi  proiritas  tersebut  selanjut di perlukan suatu tenaga ahli  untuk memberikan pelatihan pada petani serta seminar terhadap pelaku yang berhubungan dengan profesinya dalam perecepatan pembangunan perkebunan pertanian.(sdho)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: