Tinggalkan komentar

Muhammaddin Teruji & Terbukti Meski belum Miliki Kantor Desa, Program terlaksana Maksimal


Tenggarong, Gerakan Aktif

Sejak definitife desa bendang raya dari desa induk rapak lambur pada bulan januari 2012 dan terpilihnya Muhammaddin menjadi kepala desa segala tugas dan kewajibannya dijalankannya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, bahkan hal-hal yang sangat mendesak Muhammaddin selalu mendahulukan dengan dana pribadinya.

Namun Demikian ada beberapa hal yang sangat penting dalam pemerintahan yaitu untuk menjaga keamanan, ketertiban dan pelayanan maksimal, maka desa bendang raya sangat mendesak membuat sekretariat / kantor desa karena sekarang yang digunakan sekarang adalah balai desa.

Keberadaan sebuah Kantor Kepala Desa bukan hanya menjadi simbol keberadaan sebuah lembaga pemerintahan, namun juga menjadi pusat pelayanan bagi masyarakat. Dengan sendirinya, sebuah kantor Kepala Desa memiliki fungsi ganda dengan berbagai pemanfaatannya, yang pada akhirnya akan bermuara kepada terciptanya pelayanan yang maksimal.

“Sebagai sarana pelayanan, kantor  Kepala Desa selalu menampung berbagai kegiatan pemerintahan dan pembangunan. Sedangkan sebagai simbol pemersatu, keberadaannya telah melembaga sedemikian rupa, sehingga kantor selalu dimanfaatkan untuk penyelenggaraan berbagai aktifitas sosial dan kemasyarakatan lainnya,” Ujar Muhammaddin.

Sementara itu, berkaitan dengan pembangunan desa Muhammaddin memiliki banyak Konsep perencanaan pengembangan desa mencakup 5 dimensi sebagai pilar utama yaitu menyangkut tata ruang desa, perekonomian desa, sosial budaya desa, mitigasi bencana, lingkungan hidup.

Tata ruang desa : rehabilitasi, rekonstruksi dan pengembangan desa. Selain itu, juga mampu menampung pertumbuhan ruang di masa datang secara fleksibel dan mampu menampung kebutuhan perbaikan struktur tata ruang desa melalui konsolidasi lahan (jika diperlukan). Konsep ini sesuai dengan muatan PP no 2 tahun 2005.

Perekonomian Desa : meningkatkan penghidupan masyarakat dan pembangunan sarana ekonomi berbasis potensi lokal,  pengembangan usaha mikro, kelembagaan ekonomi dikaitkan dengan  sumber daya manusia.

Sosial Budaya Desa : pembangunan pendidikan, sosial dan penguatan adat istiadat setempat dalam rangka pengembangan partisipasi masyarakat yang melibatkan segenap lapisan masyarakat, termasuk di dalamnya kelompok anak-anak pemuda dan wanita.

Mitigasi bencana : penataan ruang desa dengan fungsi khusus yaitu mitigasi bencana, berupa pembangunan daerah  daerah yang rawan bencana dan tempat tempat yang digunakan untuk penampungan evakuasi warga ketika terjadi bencana.

Lingkungan hidup : penataan lingkungan yang menjaga keseimbangan holistik antara kawasan budidaya dengan kawasan lindung dalam upaya menjaga kelestarian penghidupan sebagian besar masyarakat. Penataan dilakukan juga terhadap pengelolaan di sektor pertanian, termasuk perkebunan, perikanan, kehutanan untuk meminimalisir ketidakseimbangan ekosistem

Selain itu, Desa terus berupaya  mengali potensi kekayaan yang bisa dikembangkan untuk ditetapkan sebagai sumber-sumber pendapatan desa, agar Mampu memberdayakan masyarakat desa untuk bergotong-royong dan berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan.

Kepemimpinan Kepala Desa Bendang Raya Muhammaddin Patut di Contoh, teladan yang baik bagi masyarakat. Bila di desa mampu melahirkan pemimpin yang bagus dalam melangsungkan pembangunan, maka desa itu akan berubah ke arah yang lebih baik.

Disamping itu, Muhammaddin sebagai Kepala Desa dan BPD sebagai mitra terlihat sangat intim, hal ini juga membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan masyarakat.

Muhammaddin selama ini dikenal Kepala Desa yang mampu menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, dan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi yang maju dan unggul menuju masyarakat madani.(Johansyah)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: