Tinggalkan komentar

Perdayakan Masyarakat melalui Koperasi Perkebunan & Pertanian


Tenggarong, Gerakan Aktif

Sebagai seorang kepala desa long Lalang Simson W benar – benar telah mengabdikan diri untuk melayani masyarakatnya, buktinya ia terus melakukan berbagai upaya untuk membantu perekonomian warganya, mulai dari memberdayaan koperasi, hingga mengembangkan perkebunan dan pertanian serta usaha lainnya.

Dikatakannya, potensi warga yang tak kenal menyerah, kemauan dan semangat dalam bekerja menjadi nilai poin penting dalam mengembangkan dan membergdayakan masyarakat.

“ Selama kepemimpinan saya semua warga bersatu padu dan bauhu membahu dalam  pembangunan, banyak juga pembangunan infrastruktur dilakukan secara swadaya masyarakat, karena kesadaran meraka tentang sebuah kepentingan bersama, dan bukan kepentingan perseorangan atau kelompok dalam membangun suatu pembangunan yang  baik dan memadai, apapun akan meraka lakukan,” Ujar Simson W.

Sementara itu, Dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian serta taraf hidup warga masyarakat desa Long Lalang, khususnya yang tergabung dalam Kelompok Tani di desa Long Lalang, sangat antusias untuk membentuk Badan Usaha Bersama/Koperasi untuk kelancaran pemasaran hasil produksi pertanian dan perkebunan serta mengembangkan usaha mereka selain usaha pertanian dan perkebunan.

Atas dasar keinginan tersebut di atas pada tanggal 7 bulan april 2012 yang lalu anggota Kelompok Tani Long Lalang mengadakan pertemuan/bermusyawarah untuk membentuk serta memilih pengurus Koperasi dan menetapkan nama Koperasi yang akan dibentuk denga nama KOPERASI SERBA USAHA “MAJU BERSAMA”

Sehubungan dengan rencana pembentukan koperasi ini pada tanggal 6 juni yang lalu mereka mengundang pihak Dinas Perindustrian,Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Kutai Kartanegara untuk memberikan penyuluhan tentang bagaimana membentuk Koperasi dan menjalankan Koperasi.

Pihak Disperindakop Kutai Kartanegara yang diwakili Abdul Azis Muslim,SP,dalam pertemuan dengan warga desa Long Lalang pada tanggal 6 juni tersebut menyambut baik keinginan warga untuk membentuk koperasi,serta banyak memberikan penyuluhan mengenai Koperasi dan tentang bagaimana berkoperasi yang baik.

Akhirnya pada tanggal 25 juni 2012 yang lalu Badan Hukum Koperasi Serba Usaha “MAJU BERSAMA” desa Long Lalang telah keluar oleh Dinas Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Kutai Kartanegara.

Diharapkan dengan telah terdaftarnya dan berdirinya koperasi desa long lalang dapat memajukan dan mensejahterahkan terutama anggota koperasi.(Karmila)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: