1 Komentar

PROGRAM BANTUAN PINJAMAN MODAL PENGEMBANGAN KELOMPOK USAHA BERSAMA PEREMPUAN (KUBP)


 

Tenggarong,Gerakan Aktif

Visi dari Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja) adalah masyarakat secara menyeluruh dapat terpenuhi hak-hak dasarnya dibidang sosial, ekonomi, dan budaya tertutama pangan, sandang dan papan secara merata, serta memiliki rasa aman daan kepercayaan yang tinggi kepada pemerintah sehingga menikmati kehidupan yang lebih bermutu dan maju serta, serta memiliki pilihan yang luas dalam seluruh kehidupannya.

Untuk mewujudkan Visi dari Gerbang Raja tersebut Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menjabarkan kembali didalam misi gerbang Raja yang dituangkan dalam 7 misi yang menjadi arah dan tujuan dalam pelaksanaan pembagunan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Salah satu misi dari 7 (tujuh) misi Gerbang Raja adalah “Meningkatkan peran dan partisipasi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan” dan salah satu upaya untuk meningkatkan peran dan partisipasi perempuan khususnya dalam-pengentasan kemiskinan adalah program kegiatan Pemberian Bantuan Pinjaman Modal bagi Pengembangan Kelompok Usaha Bersama Perempuan. (KUBP).

Program Kegiatan Pemberian Bantuan Pinjaman Modal bagi Pengembangan Kelompok Usaha Bersama Perempuan. (KUBP) merupakan pemberiaan bantuan usaha dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara kepada Kelompok Usaha Perempuan yang merupakan kelompok yang terdiri dari perempuan yang melakukan usaha bailk yang sejenis maupun yang tidak sejenis disetiap desa/kelurahan.

Untuk mempercepat pelaksanaaan dan penyerapan bantuan modal tersebut Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kutai Kartanegara (BKBP3A) telah menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) Nomor 000/3125/BKBP3A/XI/2011 Tanggal 28 November 2011 dan Peraturan Bupati No 42 Tentang Pedoman Pemberian Bantuan Untuk Pengembangan Kelompok Usaha Bersama Perempuan (KUBP).

Guna hal tersebut dalam rangka memahami tentang regulasi dan proses dan prosedur dalam pemberian

bantuan pinjaman modal kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBP) tersebut dilaksanakan Sosialisasi Program Kegiatan Pemberian Bantuan Pinjaman Modal Untuk Pengembangan Kelompok saha Bersama Perempuan (KUBP) yang dilaksanakan oleh Kelurahan Timbau.

Dalam upaya menumbuhkan sentra perekonomian dan mengembangkan usaha rakyat dengan tetap menjaga iklim investasi dalam kerangka penciptaan lapangan kerja, serta meningkatkan peran dan partisipasi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Selanjutnya sebagai upaya merangsang kewirauhanaan Perempuan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Pemberian Bantuan Pinjaman Modal kepada, KUBP ini agar bisa membantu Pengembangan Usaha KUBP yang sebelumnya usaha hanya bersekala kecil dan menengah Berta menggunakan alat produksi yang minim dan manual dengan bantuan Pinjaman Modal ini bisa lebih ditingatkan dan dikembangkan.

Peningkatan usaha tersebut dengan sendirinya akan menambah pendapatan ekonomi keluarga serta lebih mensejahterakan masyarakat itu sendiri bahkan akan mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran karena akan menambah dan membuka peluang lapangan pekerjaan baru.

Pengembalian modal tersebut juga bertujuan agar modal tersebut bisa kembali diputarkan kepada kelompok tersebut sehingga bisa membantu lagi dalam pengembangarn usahanya sarta mendidik masyarakat agar lebih merasa bertanggung jawab.

Sasaran Pinjaman Modal ini adalah KUBP yang tumbuh dan barkembang di kelurahan Timbau khususnya Kabupatan yang mereka anggotanya telah memiliki Usaha dan hasilnya sudah dijual kepada masyarakat umum.

Dijelaskan, Maksud dari satu wilayah kerja adalah calon-calon anggota kelompok tersebut adalah Mereka yang berdomisili tetap serta memiliki KTP aktif (yang masih berlaku) dan boleh terdiri dari berbagai RT dalam wilayah Desa/Kelurahan tersebut, Bagi warga yang pindah tempat dan menjadi Calon Anggota Kelompok ditempat yang baru serta masih memiliki KTP akif masih tertera alamat yang lama maka KTP tersebut harus dirubah atau dapat menggunakan Surat Keterangan Domisili dari Kepala Desa/Lurah setempat dimana calon anggota tersebut bertempat tinggal yang baru.

Kepengurusan KUBP terdiri dari satu ketua, satu wakil ketua, satu sekretaris dan satu bendahara. Pemilihan Kepengurusan harus dilakukan dengan Cara musyawarah dan Mufakat yang dipimpin oleh salah satu calon anggota KUBP dan harus dihadiri oleh seluruh calon atggota KUBP serta perangkat. Desa/kelurahan, Pihak Kecamatan serta disaksikan oleh pihak BKBP3A atau petugas SKBP3A Kab.Kukar.

Apabila terjadi perubahan kepengurusan maka kewajban dari KUBP adalah Melaporkan secara tertulis kepada BKBP3A Kab.Kukar dengan maksud agar perubahan kepengurusan mudah diketahui dan melakukan perubahan pada rekeing Bank.(**)

 

 

One comment on “PROGRAM BANTUAN PINJAMAN MODAL PENGEMBANGAN KELOMPOK USAHA BERSAMA PEREMPUAN (KUBP)

  1. artikel yang menarik. kalau bisa saya ingin mendapatkan salinan Perbup ini dalam bentuk softcopy, guna kepentingan advokasi anggaran bagi perempuan. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: