Tinggalkan komentar

Membangun Kesehatan yang berkualitas


Gerakanaktif Malinau

Bidang pembangunan kesehatan , dr.Tumpak H.R.Sirait sebagai Koordinator Pokja III Puskesmas Malinau Seberang saat di temui Gerakanaktif memaparkan bahwa pembangunan kesehatan merupakan bagian dari salah satu tanggung jawab kita bersama untuk menciptakan masyarakat indonesia “SEHAT”,  Khususnya  di kabupaten Malinau.Hal tersebut akan terwujud dengan adanya kesadaran,kemauan , serta kerjasama yang baik dengan masyarakat.

Dengan demikian Pembangunan Kesehatan secara nasional merupakan salah satu program prioritas utama dalam peningkatan sumber daya manusia dalam mendukung percepatan dan pencapain sasaran pembangunan di daerah.

Pembangunan kesehatan yang di laksanakan dengan cara berkelanjutan tentu akan membawa dampak positif kepada masyarakat ,seperti angka kematian bayi,angka kematian ibu,serta Gizi Buruk tentunya mengalami penurunan .Tentu hal ini memerlukan upaya serta kerja keras dan insentif.

Dalam mencapai pembangunan kesehatan masyarakat yang maksimal tentu memerlukan beberapa faktor penting antara lain : Tenaga Medis yang Terampil ,Handal serta berkualitas,adanya puskesmas perawatan yang berstandarisasi,Puskesmas Pembantu yang memadai,Pukesmas keliling dan Posyandu yang efektif .

Permasalahan yang di hadapi Puskesmas Malinau seberang saat ini dr.TumpakH.R. Sirait menambahkan adalah minimnya sarana prasarana seperti mobil operasional belum dimiliki oleh Puskesmas Malinau seberang

Kedepan di harapkan pemerintah daerah maupun pusat untuk bisa memberikan bantuan mobil operasional  baik untuk kebutuhan Puskesmas  yang sesuai dengan kondisi geografis wilayah Kecamatan Malinau Utara.Hal ini sangat diperlukan untuk tercapainya pelayanan kesehatan pada masyarakat yang optimal.

Puskesmas Malinau seberang  saat ini juga sudah memberikan pelayan kepada masyarakat 24 jam Unit Gawat Darurat (UGD) dan sudah terbangun sarana Rawat Inap.

Adapun sementara ini Rawat Inap Puskesmas Malinau seberang dr.Tumpak H.R. Sirait menambahkan bahwa fasilitas yang dimiliki sangat minim untuk itu kedepan nya sarana medis  pelayanan kesehatan masyarakat Puskesmas Malinau Utara sangat memerlukan dukungan dari pemerintah daerah maupun pusat.

Dengan terbangunnya sarana gedung rawat inap ada beberapa masyarakat yang kecewa dengan pelayanan Puskesmas Malinau seberang karena terbatasnya sarana medis yang kurang memadai.

Begitu juga dengan obat obatan berdasarkan  instruksi Depkes RI yaitu obat yang berlogo generik. Namun dalam pelayanan pada masyarakat di harapkan adanya penambahan obat ber label paten sesuai kebutuhan pasien karena Pemda Malinau  dianggap mampu dalam meningkatkan kualitas dibidang kesehatan secara universal.

Untuk tercapainya Rawat Inap 24 jam yang maksimal tentu adanya sarana medis yang memadahi serta mobil ambulan.Karena mobil ambulan merupakan bagian dari sarana penting dalam pelayanan terpadu untuk masyarakat yang emergensi seperti melahirkan karena kondisi transportasi desa yang ada di Kecamatan Malinau Utara masih sulit.

Selanjutnya dr.Tumpak H.R. Sirait menjelaskan bahwa pada  tahun 2009 Gubernur Kalimantan Timur berkunjung ke Puskesmas Malinau Utara dan memberikan penghargaan Puskesmas terbaik  Se-Kabupaten Malinau sekaligus Puskesmas percontohan.

Dengan lajunya pertumbuhan masyarakat malinau utara tentu berdampak pada kebutuhan masyarakat tentang kesehatan.Memang sementara ini Puskesmas Malinau utara masih banyak yang perlu di tambah baik pembanguna sarana medis dan pembangunan fisik seperti pagar keliling di area Puskesmas belum  ada serta tempat parkir kendaraan pasien dan staf belum tersedia***sdq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: