Tinggalkan komentar

Pemkab Kukar Targetkan PAD 2013 Rp 2,561 Triliyun


TENGGARONG, Gerakan Aktif

Sumber pendapatan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), bagian dana perimbangan pusat dan daerah serta lain-lain penerimaan yang sah. Pada 2013 seperti yang tertuang di dalam RPJMD menargetkan Rp 2,561 triliyun.
“Peningkatan pendapatan perlu kita lakukan mengingat banyak kegiatan yang strategis belum dapat kita laksanakan karena terbatasnya dana. Dan target ini bisa di capai dengan mudah bila semua masyarakat Kutai Kartanegara ikut serta dalam kegiatan membayar pajak yang merupakan sumber dalam pendapatan daerah,” kata Sekkab Kukar HAPM Haryanto Bachroel menyampaikan sambutan Bupati Kukar dalam Pekan Panutan penyampaian SPT tahunan PPh OP di Ruang Serbaguna Kantor Bupati, Rabu (14/3) Tenggarong.
Menurut dia, menjelaskan hingga saat ini sebagaian besar pendapatan daerah berasal dari dana perimbangan pusat dan daerah, sedangkan yang berasal dari pad hanya menyumbang sebagaian kecil saja. “Pada 2010 komponen pad hanya memberikan kontribusi sebesar Rp 95,282 milyar, dari target yang ditetapkan sebesar Rp 175,581 milyar atau hanya mencapai sebesar 54,27 % dari target pad. Sedangkan dari dana perimbangan telah dicapai sebesar Rp 4, 079 triliun dari target sebesar Rp3,940 triliun,” katanya.
Dengan kondisi tersebut lanjut Haryanto, upaya peningkatan pad serta optimalisasi pendapatan daru dana perimbangan pusat-daerah perlu dilakukan melalui kebijakan, mulai dari intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah dan retribusi daerah serta lain-lain pendapatan yang sah sesuai dengan potensi pungutan dan peraturan perundangan yang berlaku. Menggali sumber pendanaan daerah lainnya dari pihak ketiga. Selain itu, menetapkan perkiraan pendapatan daerah dari dana perimbangan yaitu bagi hasil pajak dan bukan pajak, DAU serta DAK melalui perhitungan yang cermat dan ditindak lanjuti dengan konsultasi yang insentif dengan pemerintah pusat dan lainnya.
“Saya harapkan agar seluruh masyarakat menyadari hal ini, sebab pada akhirnya yang menikmati hasilnya adalah kita sendiri dan anak cucu kita ke depan,” ujarnya.
Untuk mendukung peran serta masyarakat dalam membayar pajak, saya juga mengharapkan agar pihak terkait yang berperan mengurusi pajak lebih bersikap pro-aktif dalam memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat, terkait pengisian SPT sehingga dalam pelaksanaannya tidak terjadi lagi kesalah pahaman. “Terlebih lagi pada saat ini tingkat kepercayaan masyarakat untuk membayar pajak mulai menurun sebagai akibat dari banyaknya kasus-kasus korupsi yang dilakukan oleh pegawai pajak,” jelasnya. Namun demikian, dia kembali berharap agar seluruh mayarakat Kabupaten Kutai Kartanegara dapat berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan diantaranya dengan secara sadar dan sukarela membayar pajak baik perorangan maupun perusahaan. Pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: