Tinggalkan komentar

Erau 2012 Digelar Awal Juli



 

Pesta adat Erau kembali akan digelar pada tahun ini. Menurut rencana, Erau bertajuk Pelas Benua Etam ini akan dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 8 Juli 2012.

Jadwal pelaksanaan Erau tersebut disampaikan Sekkab Kutai Kartanegara (Kukar) HAPM Haryanto Bachroel saat memimpin rapat koordinasi persiapan Erau di Tenggarong.

Haryanto menginginkan agar Erau tahun ini dikemas lebih baik dan menarik sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisata. “Untuk itu dalam beberapa tahun terakhir Erau digelar bulan Juli karena bertepatan dengan waktu liburan,” ujarnya.

Sekkab Kukar juga menginginkan agar pada pelaksanaan Erau 2012 nanti ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan di pulau Parai Kumala. Hal itu untuk mengembalikan kondisi kunjungan pada ikon pariwisata Kukar tersebut.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata (Disbudpar) Kukar Sri Wahyuni mengusulkan agar tema pelaksanaan Erau tahun ini berkenaan dengan pengembangan ekonomi kreatif.

“Sehingga pada Expo Erau nanti akan menampilkan produk ekonomi kreatif warga, baik kerajinan maupun makanan, sebagai cara untuk mengembangkan produk asli warga Kukar,” ujar Sri.

Adapun agenda kegiatan Erau tahun ini tak jauh beda dari Erau tahun lalu. Selain diisi dengan rangkaian upacara adat dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, Erau akan disemarakkan pula dengan acara Beseprah atau makan bersama, lomba olahraga tradisional, Expo atau pameran, serta berbagai lomba dan pagelaran seni. Seperti lomba Tari Jepen, lomba Tarsul dan lomba Bemamai atau mengomel dalam bahasa Kutai. “Rencananya pembukaan Erau akan dilaksanakan di Stadion Rondong Demang,” demikian kata Sri.(**)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: