Tinggalkan komentar

Pengelola PAUDNI dilatih Standar Kompetensi Peningkatan Mutu


Berbagai upaya untuk memenuhi ketercapaian program PAUD NI telah dilakukan oleh UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar dengan berbagai kegiatan misalnya melalui program peningkatan mutu PTK-PAUD NI baik peningkatan mutu tenaga pendidik dan kependidikan maupun peningkatan mutu program. Guna tercapainya hal ini Dinas Pendidikan Kukar bekerjasama dengan Disdik Provinsi melakukan Diklat terkait pengelolaan PAUD yang berlangsung sejak 14 s/d 18 Nopember di Hotel Lizha Tenggarong.

Kadisdik Kukar melalui Kabag TU UPTD PKB Srirahayu Purwaningsih mengatakan bahwa pendidikan Non formal (FAUD NI) memacu pada tiga pilar pokok kebijakan pendidikan nasional yaitu, perluasan dan pemerataan akses, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, dan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraan publik.  Jadi pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk mengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Untuk mengembangkan fungsi dan tujuan terebut pemerintah menyelenggarakan Sistem Pendidikan Nasional yang tesirat dalam UU nomor 20 tahun 2003, karena pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, Relevansi serta efisiensi kemajuan pendidikan,” katanya.

Adaapun relevansi an efesiensi kemajuan pendidikan meliputi pemerataan pendidikan diwujudkan melalui program wajar pendidikan 9 tahun, peningkatan mutu pendidik diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir olah rasa, agar memiliki daya saing. kemudian peningkatan relevansi pendidikan diharapkan dapat menghasilkan lulusan sesuai dengan tuntutan kebutuhan yang berbasis pada potensi sumber daya alam serta efesiensi kemajuan pendidikan dilakukan melalui penerapan pengalaman pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Ujarnya.

Sementara itu Kadisdik Provinsi Kaltim H Musyahrim menyebutkan melalui diklat, magang, kompetensi dan sistem penghargaan dan perlindungan bagi PTK-PAUD NI, mengingat bahwa upaya pembenahan dan peningkatan mutu yang wajib dipenuhi, jumlah PTK-PAUD NI untuk pengelola PAUD Kaltim sebanyak 596 lembaga dengan tutor sebanyak 1.788 orang (selain TPA dan Satuan PAUD Sejenis). Dari jumlah tutor tersebut yang sudah dilatih UPTD PKB dan Dinas Pendidikan Prov.Kaltim sebanyak 471 orang (BCCT) dan 40 orang (Standar Kompetensi PAUD),  jadi tutor yang belum mendapat kesempatan mengikuti pelatihan sebanyak 1.277 orang.

“Sehubungan dengan hal tersebut, maka program pengelola satuan PAUD ini diarahkan untuk mengimplementasikan pelaksanaan UU Sisdiknas, terutama yang terkait dengan pasal 10 dan 28 tentang pengelola satuan PAUD,” katanya.

Ditambahkan dia, iIni merupakan hal baru bagi kita semua yang terlibat dalam pelakasanaan pengelola satuan PAUD, karena cakupan standar kompetensi pengelola PAUD meliputi Pengelola Kelompok Bermain (KB), Standar Kompetensi Pengelola Taman Penitipan Anak (TPA), dan Standar Kompetensi Pengelola Satuan PAUD Sejenis (SPS). “Untuk itu saya berharap betul-betul dapat memanfaatkan waktu diklat ini dengan sebaik-baiknya, sehingga apa yang disampaikan oleh narasumber, maupun shering dari sesama peserta dapat berguna untuk perbaikan di kelompoknya masing-masing,” Demikian harapnya. (***)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: