Tinggalkan komentar

Musrembangdes DESA TANI HARAPAN Lahirkan Sejumlah Usulan


Tenggarong, Gerakan Aktif

Untuk melahirkan perencanaan pembangunan yang betul-betul dibutuhkan masyarakat, khususnya untuk jangka waktu setahun kedepan, maka dilaksanakanlah musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembangdes) ditiap desa, tanpa terkecuali di desa Tani harapan kecamatan loa janan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Proses jalannya musrembang untuk tahun 2012 ini dihadiri 2 utusan dari kecamatan Loa Janan yang turut memantau dan mengevaluasi, diwarnai beberapa usulan dari tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, perwakilan perempuan, serta intansi terkait yang berada di desa, namun ada beberapa usulan yang ditetapkan pada musrembang tahun 2011 lalu yang ditahun belum terealisasi, akan kembali diusulkan di tahun anggaran 2012.

Pada Musrembang kali ini kepala desa Tani Harapan H palile menegaskan prioritas utama tetap akan menjadi perhatian diantaranya pendidikan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Terkait Silpa ( Pendapatan Asli DEsa) khusus Tani Harapan telah mendapatkan masukan sebesar 600 juta lebih dan anggaran tersebut di realisasikan dalam berbagai pembangunan yang menyangkut kemsyarakatan, selain keuntungan desa menjadi miliki asset desa dari tanah hingga peralatan. PNPM Mandiri yang dibiayai Pusat Dan Propinsi Kalimantan Timur juga tidak ada masalah semua teralah terrealisasi dengan baik di lapangan

Seperti yang dilaporkan H Bahtiar bahwa pembangunan di Desa Tandi Harapan berjalan dengan lancer dan aman. Alokasi Dana Desa ( ADD) tahun 2011 telah sepenuhnya terrealisasikan  99 persen. Hanya 2 pembangunan yang  yang tidak dilaksanakan, karena bermasalah terkait lahan, namun anggaran itu masih ada dan kembali dimasukan pada program selanjutnya..

Kembali diusulkan oleh masyarakat, seperti rehabilitasi gedung sekolah, Masjid, WC, Pos Kamling, Pupuk, Bibit Padi, Drainase, Genset, Semenisasi Jalan, Pendopo Kuburan, Pelatihan Gakpotan,  bendungan Mata air, Sumur bor, sambungan air minum ke rumah-rumah warga, Pembuatan Tandon air Umum, Pembuatan Tanggul, mesin pembuat pupuk kompos, Dana bergulir, Beternak ( ayam, Sapi, Kambing), Gapura, hingga pengerasan jalan.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat, secara tegas  meminta kepada pemerintah desa agar supaya apa yang menjadi usulan masyarakat yang sifatnya prioritas, harus terus diperjuangkan oleh pemerintah agar kedepannya juga mendapat manfaat bagi masyarakat banyak.

“Percuma kita usulkan banyak-banyak yang ternyata hanya 1 atau 2 buah usulan yang akan direalisasi, mendingan apa yang menjadi prioritas utama untuk pembangunan di tahun 2012 mendatang, itulah yang harus kita godok supaya masyarakat tidak kecewa atas usulan mereka yang tidak di setujui oleh pemerintah daerah,” tegasnya.

Dalam musyawarah tersebut, ada beberapa item yang akan diusulkan masyarakat dari berbagai sektor diantaranya sektor pertanian, agar supaya diadakan pelatihan dan penyuluhan khusus kepada warga secara berkala mengenai cara bercocok tanam, berkebun dan sebagainya.

Sementara dari sektor pertanian dan perkebunan meliputi agar dia adakan penyuluhan pertanian dan perkebunan termasuk memberikan pembelajaran pupuk kompos yang  ramah lingkungan  dan murah meriah, karena bahan ada di alam sekitarnya kita.

Selanjutnya pencetakan sawah, dan mengaktifkan petani padi agar lebih semangat, untuk diketahui sejak munculnya keberadaan perusahaan Tambang Batu Bara di desa Tani Harapan banyak warga petani yang beralih menjadi karyawan perusahaan, karena itu jumlah petani yang sedikit diharapkan dapat meningkatkan penghasilan desa.

Sementara itu, salah seorang perwakilan Camat, menghimbau kepada seluruh undangan yang hadir agar dapatnya mendukung semua program-program yang ada di desa setempat, demi kemakmuran dan kemajuan desa itu sendiri dengan harapan bisa membantu mengatasi segala permasalahan yang ada di desa. Diharapkan juga apa yang menjadi usulan masyarakat tersebut, agar bisa dikawal mulai dari tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.(Sambas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: