Tinggalkan komentar

Muhammadin Kades Bendang Raya, Siap Wujudkan Desa Mandiri


TENGGARONG, Gerakan Aktif

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf, Kamis (18/1), mengambil sumpah dan melantik Muhammadin selaku kades Bendang Raya ,Kecamatan Tenggarong menggantikan Sri Manis Katon Umi Salamah, sesuai dengan Surat keputusan Bupati Kukar Tentang Pemberhentian Penjabat Kades dan Pengesahan Pengangkatan kades Bendang Raya ,Kecamatan Tenggarong.

Bupati Kukar  Rita Widyasari dalam sambutannya yang dibacakan HM Ghufron Yusuf mengatakan pelantikan kades dapat dimaknai sebagai awal dari proses kepemimpinan kepala desa terpilih. Momentum ini merupakan awal dari proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan yang merupakan kelanjutan dari kepemimpinan kepala desa terdahulu. Ia berharap, kades yang baru dilantik mempunyai komitmen yang tinggi dalam rangka mengemban amanat yang diberikan masyarakat untuk mempercepat kemajuan serta kesejahteraan masyarakat.

Ditambahakan, Dalam pelantikan Ghufron Yusuf mengatakan, janji dan sumpah hendaknya dapat diwujudkan secara lahir dan batin dengan memberikan makna pada ruang lingkup tugas yang diemban dan mampu menjalankan pengabdian sekaligus melayani keperluan dan kepentingan masyarakat.

“Sebagai pemimpin Anda dituntut bertanggungjawab pada setiap kebijakan yang diambil,” katanya.
Sesuai ketentuan, lanjut Ghufron maksimal tiga bulan setelah pelantikan, kepala desa harus segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJM-des) untuk jangka waktu lima tahun, yang ditetapkan dengan peraturan desa (Perdes).

Selanjutnya pemerintah desa harus menyusun rencana kerja pembangunan desa (RKP-des) untuk jangka waktu 1 tahun, yang memuat kerangka program, prioritas pembangunan desa, rencana kegiatan dan pembiayaan.
“APBD desa telah direncanakan dan disetujui bersama BPD dan harus dikelola berdasarkan azas transparansi, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran,” ujarnya.

Berkaitan dengan penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, lanjut Ghufron, kepala desa dituntut mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya yang dimiliki.
Tidak hanya itu, Kades juga harus mampu menyinergiskan antara potensi dan program pemerintah desa dengan program Pemkab Kukar  yang diterima oleh desa.

“Sinergitas ini diperlukan untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan desa serta menciptakan keadilan dan pemerataan semua wilayah di tingkat desa,” katanya.

Ghufron juga berharap kepada kades yang baru dilantik agar melaksanakan tugas berorientasi pada ketentuan dan perundang-undangan. “Laksanakan semua program dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan, jalankan program tersebut dengan amanah,” harapnya. (War)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: