Tinggalkan komentar

HUT ke-52 Kabupaten Paser Inspirasi Semangat Pengabdian Untuk Berkarya


Paser, gerakan Aktif
Perkembangan investasi, termasuk investasi dalam bidang batubara berkaitan erat dengan suatu era, kurun waktu dari suatu pemerintahan serta kebijakan yang menjadi acuannya. Dalam investasi pertambangan batubara dikenal era sentralisasi dan era otonomi daerah.
Pada era pertama daya tarik bagi investor adalah hak untuk menambang, hak untuk membawa laba ke luar negeri, mengendalikan manajemen dan keuangan dan kepastian dalam kewajiban perpajakan.
Kajian telah dilakukan dengan kasus PT Kideco Jaya Agung yang beroperasi di Kabupaten Paser, Provinsi  Kalimantan Timur pada era sebelum dan sesudah diberlakukannya otonomi daerah. Hasil kajian menunjukkan bahwa kebijakan pada era sebelum otonomi daerah tetap menjadi acuan pada kebijakan sesudah diberlakukannya otonomi daerah.
Dengan demikian banyak perushaan pertambangan batubara yang mampu bertahan walaupun terdapat berbagai gangguan antara lain berupa gugatan hukum.
Pemerintah Daerah telah membuat kebijakan tetapi belum dapat meningkatkan daya tarik investasi.
Oleh karena itu M Sabir, S.Pd, M.Si Kepala dinas Pertambangan Paser agar kebijakan tersebut dapat mengakomodasikan kepentingan para pelaku pertambangan dan stake holders sehingga dapat tercipta lingkungan yang kondusif bagi investasi.
“ Melalui Momentum Ulang Tahun Kabupaten Paser yang ke-52, Semoga kita semua selalu mendapat bimbingan, hidayah dan perlindungan-Nya agar mampu melanjutkan pembangunan di Bumi Daya Taka tercinta ini, khususnya dibidang pertambangan yang sangat rentan persoalan.” Ujar M Sabir, S.Pd, M.Si.
Peringatan hari ulang tahun Kabupaten Paser diharapkan tidak menjadi kegiatan sebatas seremonial saja, namun pertambahan usia Kabupaten Paser harus menjadi daya dorong, semangat dan rasa tanggung jawab kita semua bagi kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat Paser.
Dewasa ini disadari atau tidak disadari bahwa masyarakat kita semakin maju dan cerdas selain sebagai buah dari dinamika pembangunan, juga merupakan dampak langsung dari keterbukaan informasi yang benar-benar terbuka dan mendunia. Masyarakat kita cepat belajar dan mengetahui dari apa yang terjadi di daerah lain hal-hal yang positif tentang penyelengaraan pemerintahan dan pembangunan sehingga tidak mustahil masyarakat menuntut agar kemajuan itu dapat segera diterapkan dan diwuju d kan pula di Bumi Daya Taka tercinta ini.
Untuk itu, apa yang direncanakan dan yang telah dilakukan Pemerintah saat ini , kiranya dapat kita bingkai dalam satu pemahaman dan keyakinan bersama bahwa pembangunan yang dilaksanakan saat ini harus memberi manfaat yang lebih besar bagi generasi kini maupun yang akan datang, ini membutuhkan kejelian untuk melihat tantangan pembangunan dimasa depan dan membutuhkan keberaniaan untuk melaksanakan beberapa kebijakan dan program pembangunan khususnya pertambangan pro rakyat.
M Sabir, S.Pd, M.Si kepala Dinas Pertambangan Paser, melihat kemajuan kemasyarakatan sudah  semakin baik, pemerintah juga terus melakukan evaluasi dan konsulidasi yang pada hakikatnya adalah apa yang tidak baik, diperbaiki, apa yang kurang dilengkapi, apa yang kurang diperhatikan, dicermati dan diseriusi sehingga diharapkan pemerintah akan tampil prima dalam menghadapi Paser Bangkit 2013 yang akan datang, tandasnya.(IR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: