1 Komentar

2011 QURBAN DESA TANI HARAPAN MENINGKAT


Indikator peningkatan kesejahteraan warga yang signifikan

Tani Harapan, Gerakan Aktif

DEsa tani harapan kecamatan Loa Janan yang terletak di jalan poros samarinda – Balikpapan yang berpenduduk kurang lebih 500 kepala keluarga (KK) atau sekitar 2000 jiwa ini dengan mata pencaharian berkebun, bertani dan sebagian kecil karyawan swasta telah menujukan geliat kesejahteraan yang signifikan.

Hal ini terbukti dari besarnya keinginan warga  untuk berqurban di hari raya idul adha 1432 H atau tanggal 6 November 2011.

Kepala desa Tani Harapan H Palile di damping H Bahtiar kaur pemerintahan desa saat ditemui di selah-selah kegiatan pemotongan hewan qurban mengatakan, “ tahun ini terjadi peningkatan 11 ekor hewan yang terdiri dari 9 Ekor sapi dan 2 ekor kambing.”

Tahun 2010 sekedar diketahui desa tani harapan hanya memotong hewan qurban sebanyak 17 ekor, sedangkan tahun 2011 sebanyak 28 ekor hewan terdiri dari 26 ekor sapi dan 2 ekor kambing, terjadi peningkatan 11 ekor.

“ Hal ini kesadaran warga desa tani harapan untuk menjalankan perintah Allah untuk berqurban yang begitu besar, bukan hanya warga beberapa perusahaan yang berada di sekitar desa juga turut menyumbang hewan qurban.” Ujar H palile kades desa tani Harapan didamping H Bahtiar kaur pemerintahan.

28 hewan qurban tahun 2011 desa tani harapan secara terperinci meliputi ;

a) Hewan Qurban sapi 22 ekor yang berasal dari swadaya masyarakat (  Patungan 7 orang satu sapi) yang terbagi di beberapa RT (Rukun tetangga) diantaranya yaitu RT 1 (1 ekor), RT 2 (1 ekor), RT3 (1 ekor), RT 4 (4 ekor), RT.5 (1 ekor) RT 6 (6 ekor), RT 8 (1 ekor) RT 9 (1 ekor) RT 13 (1 ekor) RT 7 (1 ekor), RT 10,(1 ekor), RT 11 (2 ekor) RT 12 (1 ekor),  satu ekor sapi di kirim ke pesantren Al -Iqsan Loa janan.

b) Hewan Qurban sapi 4 ekor Partisipasi perusahaan yaitu dari CV Almari ( 1 ekor sapi ), PT Trisesa ( 1 ekor sapi), Kontraktor jalan tol samarinda – Balikpapan sebanyak 1 ekor sapi dan  CV MMU juga berqurban 1 ekor sapi, Perusahaan yang menyumbang bergerak dalam bidang pertambangan batu – bara di desa Tani Harapan dan stu kontraktor jalan tol samarinda – Balikpapan.

c) Hewan Qurban Kambing 2 ekor meliputi sumbangan perusahaan PT Duta 1 ekor dan PT STA ( Surya Tehknik Anugrah 1 ekor.

Di tahun ini juga desa tani harapan telah memberangkatan 18 orang jemaah haji ke tanah suci, turun 4 orang dari tahun 2010 yang memberangkatkan 22 orang, hal ini dikarenakan pemerintah membatasi quata haji desa tani harapan, sehingga 7 calon jemaah haji terpaksa antre/menunggu hingga musim haji tahun  depan/2012.

Dibagian lain, ADD desa tani harapan telah memasuki tahap 3 (terahir) saat ini fisiknya sudah mencapai 70 persen. H Palile kepala desa di damping kaur pemerintahan H Bahtiar kepada media ini, mengatakan pembangunan masih dirasakan belum cukup/memadai dengan luasnya wilayah desa tani harapan yang realiefnya berbukit.

“ Kami berharap, kedepan agar alokasi anggaran ADD desa tani harapan dapat ditingkatkan demi berjalannya program GERBANG RAJA gerakan pembangunan menuju rakyat sejahtera terwujud dengan maksimal dan tepat sasaran,”.

Sementara itu, terkait jalan sepanjang 3,5 km yang rusak parah, H Palile dibenarkan H Bahtiar minta agar pemerintah serius menanganinnya jangan sampai membuat warga kecewa. “ Pak Hayan dan Isnaini waktu itu Reses tahun 2010 tepatnya triwulan kedua, pernah menjajinkan peningkatan jalan 3,5 Km itu, yang terjadi pelaksanaan baru perencanaan oleh dinas PU Kukar, kepada kami mereka berjanji akan merealisasikan ditahun 2012, hal tersebut dikatakan Budi Harsono bagian perencanaan dinas PU kukar saat meninjau/survey di desa tani harapan beberapa waktu lalu.(Sambas)

One comment on “2011 QURBAN DESA TANI HARAPAN MENINGKAT

  1. Tks,,atas Redaksinya…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: