Tinggalkan komentar

H Basnan Pelopor Beternak Kerbau Yang Sukses


Kini Warga desa Pulau Harapan Sejahterah

Tenggarong Gerakan

Kepala Desa Pulau Harapan  H Basnan di samping telah membawa desanya kearah yang lebih positif melalui usaha ternak yang telah digelutinya juga mampu membawa masyarakatnya mandiri dalam berusaha ternak. Hal ini tak terlepas dari upaya kerja keras H Basnan selaku kepala desa dan tokoh masyarakat desa pulau harapan yang menghendaki waganya memiliki sebuah pekerjaan yang menjanjikan masa depan keluarganya sejahtera

Awal tahun 1982 sosok h Basnan yang elegan bersama warga lainnya kemudian mendirikan sebuah kelompok tani KERBAU KALANG TELUK RIDAN yang diharapkan dapat merubah nasibnya, ide dan gagasan itu langsung ditanggapi dengan baik di tandai dengan dengan pembentukan pengurus, h basnan sendiri langsung di tunjuk secara aklamasi sebagai ketua kelompok tani. Hal ini dikarenakan gagasan beliau dan rencana yang dimilkinya, hingga sekarang masih dipercaya menjadi ketua.

Sebagai ketua kelompok tani tentu H basnan harus ekstra kerja keras agar usahanya berhasil bersama warga lainnya.  Halangan dan rintangan terus menghadang tahun demi tahun, namun itu yang membuat beliau semakin kuat dan berupaya keras tanpa kenal menyerah.

Kerja keras kelompok tani kerbau Kalang teluk ridan yang di gadang-gadangkan H Basnan, di tahun 1996 membuahkan hasil dan berprestasi ditandai dengan memperoleh sebuah piagam penghargaan dari menteri RI waktu itu Syarifuddin Baharsyah, karena dianggap telah membawa kelompok taninya maju dan sejahtera, bahkan ada dari mereka hingga berkali-kali naik haji.

Sebagai kelompok tani KERBAU KALANG TELUK RIDAN yang berprestasi jumlah ternak yang dimiliki  kini sebanyak 400 ekor. Hal ini juga di pengaruhi kondisi alam desa Pulau Harapan yang menyediakan makanan kerbau berlimpah bahkan sangat membantu nelayan, karena gulma di rawa sangat menganggu nelayan dan transportasi sungai telah dimakan oleh kerbau-kerbau dari kelompok tani H basnan.

Sementara itu H Basnan sendiri sejak tahun 1982 awal pendirian kelompok tani hingga sekarang telah memiliki 70 ekor kerbau, buah hasil kerja keras yang di jalankannya selama ini tanpa putus asa. Bahkan selama itu H Basnan telah mampu menaikan haji ke tanah suci mekkah keluarganya (adik-adik, keponakan) keponakan di dibiayai sekolahnya hingga kuliah dan lulus dan sekarang menjadi PNS.

Dibagian lain, Kelompok Tani KERBAU KALANG TELUK RIDAN desa PUlau Harapan menurut keterangan H Basnan selaku ketua, Juga pernah mendapat bantuan ternak dari pemerintah baik pemerintah pusat, Propinsi Kalimantan Timur dan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) kalau dinilaikan dengan uang kurang lebih 1 milliar, tansanya.(k/sm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: