Tinggalkan komentar

Kades di Kukar Pertanyakan Jaminan Kesehatan


TENGGARONG, Gerakan Aktif

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Husein mengatakan, keterlambatan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) belakangan ini akan  berdampak terhadap kegiatan pembangunan ditingkat desa.

Menurutnya, jika aparat desa tak pandai mengelola ADD yang pencairannya terlambat ini, bisa dipastikan akan terjadi Silpa yang cukup besar.  “Jelas cukup besar dampaknya, namun kami tetap berharap hal ini tak menjadi kendala besar,” kata Akhmad Husein kepada Koran Kaltim, kemarin.

Terkait keterlambatan pencairan ADD, pihaknya juga telah konsultasi dengan pihak Bappemas untuk menanyakan keterlambatan pemnaciran ADD tersebut.  “ Dijanjikan paling lambat dua minggu lagi cair. Hanya tinggal menunggu rekomendasi Bagian Keuangan yang saat ini masih melakukan rekapitulasi anggaran antara dana Bansos dan untuk ADD,” jelasnya.

Selain masalah ADD, para kepala desa ujar Akhmad Husein juga mengeluhkan terkait belum adanya jaminan kesehatan bagi kepala desa. Hal ini berbeda dengan sekretaris desa yang dijamin lewat Jamkesda. “Kami ini juga gak jelas jaminan kesehatannya, terus masuk golongan berapa. Jangan kan itu, untuk Tunjangan Perjalanan Dinas pun  gak jelas juga,” keluhnya lagi.

Seperti diketahui, ratusan kepala desa se-Kukar menuntut instansi terkait agar segera mencairkan dana ADD dan insentif bagi kepala desa yang tertunggak selama 5 bulan belangan ini. Padahal, SK terkait ADD kabarnya sudah ditandatangani oleh bupati.

Adapun tunjangan untuk para kepala desa dari dana APBD senilai Rp1.750.000, selain mendapat tunjangan dari APBD, para kepala desa juga mendapat tunjangan dari alokasi dana desa yang nilainya ditetapkan berdasarkan kebijakan pemerintahan desa masing-masing. (

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: