Tinggalkan komentar

Desa batuq terus berkembang maju


Terpencilnya desa Batuq kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara ini tak membuat perkembangan desa terhambat.  Meski jalannya buruk, bahkan sudah rusak total, lokasi desanya juga jauh dari fasilitas publik seperti pasar, rumah sakit, dan sekolah-sekolah, namun semangat pembangunan justru sangat bergelora.

Ahmad Syaili kepala desa Batuq kecamatan Muara Muntai  terus berupaya salah satunya adalah pembangunan jembatan penghubung antar desa dari desa Batuq menuju desa Tanjung batuq harapan sepanjang 74 meter. “ Diharapkan kedepan dapat meningkatkan perekonomian warga, Desa Batuq itu desa yang terpencil, warganya petani dan nelayan sebagian besar,” tutur Ahmah Syaili.

Namun, demikian situasi ini tidak menyurutkan usaha warga untuk terus membangun desanya. Dari keterbatasan tersebut, justru membuat warga desanya menjadi warga yang pekerja keras.

“Rendahnya perhatian pembangunan ke desa juga membuat banyak warga migrasi ke kota,” kata Syaili

Melalui Pelayanan Publik, yang diperlukan oleh masyarakat, kades desa batuq melakukan skala prioritas pembangunan diantaranya jalan, jembatan, irigasi, gedung sekolah, pasar, BPU, transportasi jembatan pelabuhan motor ( tahun 2010 terbangun 16 meter, 2011 sepanjang 10 meter), peningkatan jalan melalui penurapan sepanjang 130 meter, pembangunan jembatan penghubung antar desa dari desa Batuq menuju desa Tanjung batuq harapan sepanjang 74 meter dan penurapan kuburan 15 x 20 meter.

Untuk  Pelayanan pemerintah yang berkaitan dengan penyediaan public goods merupakan bagian dari upaya pengembangan infrastruktur dasar untuk mendukung pembangunan sosial ekonomi terutama dalam pengembangan ekonomi masyarakat. Pelayanan penting lainnya yang menjadi fokus perhatian dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat adalah public services yaitu pengurusan perizinan dan pelayanan administrasi pemerintahan. Sistem pelayanan prima dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat akan menjadi fokus perhatian karena diharapkan melalui pelayanan yang baik akan tercipta iklim investasi dan iklim usaha yang lebih kondusif.

Karena itu ADD tahun 2011 untuk tahap 3 prioritas pembangunan fisik jalan sementara untuk rehab  dan peninggian tongkat balai desa pertemuan umum (BPU) dikerjakan secara swadaya bersama masyarakat.  Dengan dana pembangunan desa ini pemerataan jurtru lebih baik. Infrastruktur desa akan terjaga, karena kebanyakan prioritas pada infrastruktur.

Pembangunan maksimal dalam jangka waktu setahun. Tahun pertama tergantung prioritas desa, paling tidak jalan, jembatan antara dusun terbangun sehingga koneksi cepat antar desa, ekonomi bergulir,”ujarnya.

Apalagi pebisnis tentunya menjada kendala besar, karena sulit melakukan transaksi. “ Mengingat pentingnya jalan desa, maka ADD tahun ini dialokasikan untuk pembangunan jalan desa. Semoga warga kami bisa aman sejahtera setelah jalan desa terealisasi,” ucap Ahmad Syaili kalem.

Karena sebagian jalan sungai merupakan jalan paling efektif pemerintah desa membeli 10 motor sungai sebagai sarana angkutan transportasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: