Tinggalkan komentar

ADD 2011 Desa Pulau Harapan Terserap 100%


Tenggarong, Gerakan Aktif

CAPAIAN pelaksanaan kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri pedesaan tahun anggaran 2011 dari alokasi dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Desa Pulau Harapan terserap 100 persen. Dengan demikian, kata H Basnan kepala desa Pulau Harapan, PNPM  terealisasi di lapangan, yakni melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Kecamatan Muara Muntai.

Sementara itu, ADD ( Alokasi Dana Desa) sepenuhnya di prioritaskan untuk pembangunan fisik dan telah terealisasi 100 persen dengan baik. Dari Jadwal pelaksanaan pembangunan yang bertahap sesuai dengan kucuran dana dari pemerintah kabupaten kutai kartanegara dalam tiga tahapan, untuk desa Pulau harapan telah didahulukan pembangunannya.

“ ADD TA 2011 sengaja kami fokuskan pada pembangunan fisik, tidak kami gunakan untuk kepentingan yang lainnya. Dari Tahap I, II, dan III, meski sekarang kita baru mencairkan tahap I dan II, namun pembangunan telah selesai ( biaya anggaran di dahulukan) sesuai dengan target hingga anggaran Tahap III. Jadi anggaran Tahap III hanya tinggal membayarnya saja ” Ujar H Basnan.

Kepala desa Pulau Harapan H Basnan membeberkan pembangunan fisik dan Non fisik, Adapun pemanfaatan dana ADD tersebut meliputi kegiatan infrastruktur antara lain pembangunan jalan jembatan ulin sepanjang 100 meter, pembangunan sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Al’Quran Hebiadus Sedian, memberikan bantuan langsung bansos ADD kepada  Langgar, Pelatihan Ketua RT tentang Administrasi yang pelaksanaanya selama 2 hari.

“ Alhamdulillah dana tersebut bisa terealisasi, sehingga kegiatan dapat dirasakan masyarakat langsung hasil kerja secara swasembada masyarakat dan mereka puas akan hasilnya,” ungkapnya.

Untuk kegiatan dibidang ekonomi sifatnya dalam bentuk dana bergulir yang diberikan kepada kelompok-kelompok kecil yang kegiatan terus dipantau aparat pemerintah desa.

“Harapannya, pelaksanaan PNPM mandiri pedesaan dan ADD ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat  Desa pulau Harapan sebagai salah satu upaya pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan secara mandiri dan berkelanjutan,” pungkasnya.[tim]

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: