Tinggalkan komentar

Ghufron Lantik Kades Bangun Rejo


TENGGARONG, Gerakan Aktif

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf, Kamis (8/9), mengambil sumpah dan melantik Siman selaku Kepala Desa Bangun Rejo menggantikan Saiman Rahmat Rafe’i, sesuai dengan Surat keputusan Bupati Kukar Nomor 539/SK-BUP/HK/2011 Tanggal 8 September 2011 Tentang Pemberhentian Penjabat Kades dan Pengesahan Pengangkatan Kades Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang.

Wabup Kukar HM Ghufron Yusuf saat menyematkan tanda jabatan kades kepada Siman selaku Kepala Desa Bangun Rejo

Bupati Kukar  Rita Widyasari dalam sambutannya yang dibacakan HM Ghufron Yusuf mengatakan pelantikan kades dapat dimaknai sebagai awal dari proses kepemimpinan kepala desa terpilih. Momentum ini merupakan awal dari proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan yang merupakan kelanjutan dari kepemimpinan kepala desa terdahulu. Ia berharap, kades yang baru dilantik mempunyai komitmen yang tinggi dalam rangka mengemban amanat yang diberikan masyarakat untuk mempercepat kemajuan serta kesejahteraan masyarakat.

“Selamat atas dilantiknya saudara Saiman, selama enam tahun ke depan, harapan bagi kemajuan Desa Bangun Rejo menjadi tugas dan tanggung jawab Saudara,” kata Ghufron.

Dikatakannya kades sebagai figur utama kepemimpinan di desa, hendaknya dapat menjalin kebersamaan dengan seluruh unsur masyarakat desa dalam pembangunan desa. Dalam hal ini, memacu partisipasi masyarakat dalam seluruh aspek pembangunan menjadi salah satu kata kunci dalam menggerakkan swadaya dan semangat kegotongroyongan masyarakat. Kades harus benar-benar mampu menemukenali seluruh potensi desa yang dimiliki. Baik sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun kekayaan desa dan sarana prasarana infrastruktur yang telah ada. Disamping itu kades harus mulai menyusun daftar kebutuhan sekaligus daftar permasalahan yang tengah dihadapi desa pada saat ini.

“Dengan begitu, Saudara akan dapat menyusun program kerja prioritas untuk mewujudkan Desa Bangun Rejo yang lebih maju dan sejahtera di masa mendatang,” ujar Ghufron.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa hendaknya perlu ditumbuhkembangkan partisipasi dan peranserta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan. Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa harus senantiasa ditonjolkan. Hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat desa.

“Berdayakan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial budaya maupun aspek ekonomi dalam kerangka suksesnya Gerbang Raja,”tandas Ghufron lagi.[red]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: