1 Komentar

Ratusan Transmigran Asal Jawa di Kaliorang Terlantar


SANGATTA GERAKAN AKTIF

– Nasib ratusan Kepala Keluarga (KK) warga transmigran asal Jawa terkatung-katung. Pasalnya, mereka merasa diterlantarkan, karena lahan yang mereka  tempati diklaim milik warga, sedangkan lahan usaha yang dijanjikan pemerintah ternyata belum ada hingga sekarang. Oleh sebab itu, mereka mulai mengungsi di kantor Kecamatan Kaliorang terhitung sejak sebulan lalu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kutim Fauzi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan persolan tersebut tengah dalam pembahasan pemerintah daerah.”Jajaran Pemkab Kutim dipimpin Wabup Ardiansyah Sulaiman Rabu depan akan melakukan pertemuan dengan Dirjen Transmigrasi. Jadi keputusanya nanti dari hasil pertemuan yang dilaksanakan di Jakarta,” ungkap Fauzi.

Ia menjelaskan, dalam kasus ini, pihak Disnaker Kutim hanya sebagai pemantau. Sementara untuk penempatanya dilakukan oleh Disnaker Trans Kaltim. “Kita disini hanya memantau, yang menentukan tempat itu Dinas Provinsi,” kata Fauzi sembari mengatakan pengungsi transmigran di Kaliorang untuk sementara ditangani Camat Kaliorang.

Persoalan ini sebelumnya pernah disampaikan ke DPRD melalui wakil Katua DPRD Kutim Suardi. Warga trans meminta bantuan DPRD agar difasilitasi. Empat perwakilan transmigran yang datang menemui Suardi saat itu adalah Sinyo (47), Umar (36), Mujiono (57), dan Hartoyo (45).

Kepada wartawan, Sinyo menyatakan kesiapan untuk dipindahkan dari lokasi transmingrasi sekarang karena sudah merasa tidaknyaman di lokasi tersebut. “Kondisi kami di lokasi itu sangat sulit. Lahan pekarangan yang diberikan pemerintah diklaim Kepala Desa Muhajir sebagai tanah hibah dari neneknya, sedangkan bakal lahan usaha yang konon akan diberikan kami juga diklaim warga sekitar kami sebagai milik neneknya. Karena itu kami sudah merasa terancam di lokasi ini,” katanya saat itu.

Para warga trans tersebut minta direlokasi karena bagaimanapun juga mereka datang sebagai tranmigrasi karena didatangkan pemerintah melalui Dinas Tranamigrasi dan tenaga kerja.”Karena itu kami minta tanggungajawab dinas, sesuai dengan janji mereka sebelum kami datang ke Kutim,”ujarnya. ()

One comment on “Ratusan Transmigran Asal Jawa di Kaliorang Terlantar

  1. please tangani mrka scepatnya,,saudara2 saya banyak yang dsana.saya gak tega kalau saudara2 saya harus terlantar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: