Tinggalkan komentar

Segera Miliki Batik Motif khas Kubar


SENDAWAR Gerakan Aktif

Upaya Pemkab Kubar menciptakan  batik khas Kubar terus dimantapkan. Dinas Perindustriaan Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) pun  melaksanakan lomba desain batik khas Kubar yang  berakhir 10 Juni 2011.

“Pengumpulan desain di Disperindagkop dan UKM komplek perkantoran Pemkab.  Peserta wajib melampirkan penjelasan arti motif atau design serta warna pada lembaran lain,“ jelas.

Kepala Bidang Industri Disperindagkop Kubar Simon SPd, baru-baru ini. Untuk menggelar lomba itu, kata Simon, telah dilaksanakan rapat dan membentuk Tim Fasilitasi Pembuatan Batik Khas Kubar. “Dalam rapat tersebut  sudah disepakati antara lain kriteria lomba, serta hadiah bagi pemenang,” kata Simon.

Adapun kriteria lomba, antara lain desainnya merupakan penggabungan ataupun kombinasi  6 etnis (Tunjung, Benuaq, Kenyah, Bahau, Oheng dan Melayu)  di Kubar.  Merupakan  penggabungan warna motif dari merah, kuning, hitam dan putih, serta mengangkat tema maskot Kubar “Macan Dahan”.

Syarat lainnya, motif desain ukirannya merupakan ukiran hidup yang artinya hanya di pakai orang yang masih hidup.  Motif batik tersebut dilukis diatas kertas karton warna putih dengan lebar 30 cm dan panjang 60 cm.

“Untuk juara 1 selain desainnya bisa digunakan untuk motif batik juga ada uang pembinaan Rp 7,5 juta , juara II  Rp 5 juta, dan juara III Rp 2,5 juta,” sebutnya. Bila Kubar sudah memiliki batik khas, akan digunakan di hari tertentu di kantor-kantor Pemkab.[hms]

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: