Tinggalkan komentar

Membangun Kemitraan Masyarakat Daerah


Herry Lukman : Perusahaan Loka, 80 Persen Tenaga Kerja Lokal

SENDAWAR, Gerakan Aktif
Perusahaan Penambang Batubara PT Harindo Wahana bermitra dengan PT Mitra Jaya Bangun Sejati (MJBS) secara resmi beroperasi dan berpmduksi di Wilayah Kampung Muara Mujan dan Kampung Kelubaq Kecamatan Tering, Kutai Barat, setelah diresmikan secara langsung oleh Bupati Kutai Barat Ismael Thomas SH Msi, Direktur Utama PT Harindo Wahana Herry Lukman, mengatakan keberadaan perusahaan itu ditengah masyarakar adalah untuk membangun mitra kemasyarakatan yang lebih baik, dengan menggembleng masyarakat daerah sehingga dapat mengurangi pengangguran dan memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM).
Saat ini 80 persen tenaga kerja direkrut adalah masyarakat lokal, hanya 20 persen masyarakat luar daerah. “PT Harindo Wahana adalah perusahaan penambang batubara yang beroperasi di kubar dan notabene dibangun serta dipegang oleh masyarakat lokal dengan tenaga kerja lokal pula yang bermitra kerja dengan PT MJBS. Kami mencoba ikut membangun kubar bersama pemerintah daerah, sehingga yang kami utamakan adalah mitra yang baik dengan masyarakat. kami sangat berterima kasih dan bangga kepada Bapak Bupati Ismael Thomas, karena dalam masa pemerintahannya, sebagai putra daerah kami mampu bekerja dan bersaing ikut membangun kubar melalui perusahaan ini. Kami akan membangun lebih baik lagi mitra kemasyarakatan dengan sejumlah pihak dan masyarakat, terutama sekali masyarakat sekitar tambang,” terang Herry Lukman.
Dikatakannya keberadaan PT Harindo Wahana di Kampung Muara Mujan dan Kelubaq, kedepan akan lebih maksimal untuk pembangunan wilayah itu. Karena itu diharapkan dukungan masyarakat daerah, sehingga dalam perjalanan waktu beroperasinya perusahaan akan mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan serta untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kutai Barat.
“Kami berusaha untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat daerah bahkan untuk menambah PAD kubar. Dapat dilihat dari jumlah tenaga kerja lokal sebanyak 80 persen, karena kami utamakan putra daerah agar mereka bekerja. Untuk tenaga ahli sebagai pelatih direkrut 20 persen tenaga luar daerah. Meskipun saat ini keberadaan PT Harindo Wahana telah didukung oleh Pemkab, kedepan kami tetap berharap petunjuk dan arahan pemkab sehingga kemaslahatan hidup masyarakat wilayah itu dapat terbangun dengan baik berkat adanya perusahaan,” papar Heri Lukman.
Di waktu yang sama kemarin, Wakil Direktur Utama PT MJBS Leo Pirade, mengakui dengan kemitraan yang baik antar dua perusahaan dapat meningkatkan keberhasilan ekonomi Kubar. Khususnya untuk wilayah Kecamatan Tering dimana perusahaan berada dan umumnya kubar untuk menghasilkan PAD.
“Kami berharap dengan kemitraan antara PT Harindo Wahana dan PT MJBS menjadi salah satu contoh dalam tolak ukur peningkatan ekonomi masyarakat. Sumbangsih untuk pengembangan masyarakat wilayah itu menjadi tujuan kami sehingga tidak sia-sia perusahaan mengeruk hasil SDA tetapi masyarakat daerah dapat terbangun dan merasakannya. Kami berharap lebih jauh dukungan masyarakat dan pemerintah daerah sehingga perusahaan berada diwilayah itu bermanfaat untuk pembangunan dan kontribusi masyarakat daearah,” ungkap Leo.
Dikonfirmasi terpisah, Camat Tering Dudi Kim Mpd membenarkan hal itu. Dia mengatakan keberadaan PT Harindo Wahana dapat menjadi penunjang pembangunan masyarakat daerah. Dengan keberadaan perusahaan yang beroperasi dalam jangka waktu maksimal sekitar 30 tahun, kampung sekitar tambang akan terbangun.
“Sesuai dengan program pemerintah pusat hingga pemkab, sehingga perusahaan yang ada memberikan kontribusi bagi masyarakat daerah. PT Harindo Wahana sangat besar fungsinya dalam mendukung pembangunan, terutama CSR berupa Comdev bagi masyarakat daerah. Comdev akan berfungsi untuk menunjang kemaslahatan hidup masyarakat, baik bidang kesehatan, pendidikan Berta bidang social lainnya.Dengan Comdev akan membantu pemerintah, khususnya masyarakat kampung sekitar tambang. Pemerintah Keeamatan sangat mendukung perusahaan yang dapat membantu pembangunan daerah,” imbuh Dudi Kim.[red]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: