Tinggalkan komentar

Walikota : Jabatan Itu Sama dengan Usia


SAMARINDA, gERAKAN
Walikota Samarinda H Syaharie Jaang kembali melakukan pelantikan. Kali ini, sebanyak 9 pejabat eselon dan II pejabat eselon III diambil sumpahnya di ruang serbaguna rumah jabatan walikota, Rabu (9/3).
Tak bosan saya mengingatkan bahwa jabatan adalah kepercayaan dari pimpinan sekaligus bagian dari pembinaan karier seseorang. Mutasi tidak perlu menjadi momok menakutkan, apalagi sampai menimbulkan keresahan dan kasak kusuk hanya untuk mempertahankan jabatan. Semua yang ada di dunia ini ada batasnya, termasuk jabatan sama seperti usia kita yang juga pasti akan berakhir,” ujar walikota dalam arahannya.
Kesan moralnya, lanjut Syaharie lagi, apapun jabatan yang dipercayakan hendaknya dilaksanakan dengan sebaik-baiknya karena bisa sewaktu-waktu berakhir. ”Tolak ukurnya harus pengabdian terbaik, dan sama sekali bukan soal instansi basah atau kering. Saya yakin, jika ada kesadaran itu, maka Insya Allah kita hati-hati bertindak, dan akhirnya ikhlas ketika harus menanggalkan jabatan,” sebut Syaharie lagi.
Dikatakannya, mutasi kemarin juga untuk mengisi jabatan yang lowong karena ditinggal pensiun. ”Kepada Pak Muhadi yang memasuki masa pensiun, saya ucapkan selamat. Dedikasi, prestasi dan loyalitas selama bertugas adalah pelajaran dan teladan bagi pegawai lain. Atas pengabdian dan dedikasi, saya ucapkan terima kasih,” tuturnya.
Ditambahkannya mutasi kemarin juga upaya untuk penyegaran, misalnya Nazarudin yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Koperasi dan UKM dan Jony Bachtiar sebelumnya kepala Dinas Pemuda dan Olahraga masing-masing menjabat selama 10 tahun.
”Saya tahu, pasti sudah jenuh. Mudahan dengan tugas yang baru ini bisa berinovasi dan berkreativitas maksimal di tengah kondisi saat ini demi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Memberikan pelayanan terbaik kepada warga salah satu wujud terima kasih kami bersama Pak Nusyirwan yang telah dipercaya memimpin kota ini,” ucapnya.
Jadi ditegaskannya mutasi tidak ada unsur titipan maupun pemberian materi. ”Yang menjadi pertimbangan adalah prestasi dan kinerja serta latar keahliannya termasuk rekomendasi yang saya terima hasil fit and propertest (Uji kelayakan) yang baru-baru ini dilakukan kepada pejabat eselon II oleh unsur BKD Propinsi, akademisi dan psikolog,” tandasnya.Memang dikatakannya berdasarkan hasil fit and propertest kemarin salah satunya ada kejenuhan.
Untuk itu ia meminta kepada para pejabat harus memiliki ide-ide yang baik di kepala dan hatinya, sekaligus punya dorongan energy yang besar dan dorongan untuk menyelesaikan sesuatu.
“Ini penting saya ingatkan karena bukan zamannya lagi seorang pejabat pemerintah bersikap pasif menunggu perintah, apalagi hanya bisa mengeluhkan tekanan dan keadaan. Pejabat harus memiliki kekuatan dan strategi menyelesaikan setiap persoalan yang timbul di instansinya, baik yang berkaitan dengan pegawai maupun tugas pelayanan masyarakat,” pesannya.
Adapun perputaran jabatan, H Jony Bachtiar Seman menjabat kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Nazaruddin menjabat kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo, Murdiansyah kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Endang Liansyah menjabat kepala Badan Lingkungan Hidup, Nany Ruminingsih kepala Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, Ernawaty Ijab kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan, Islansyah kepala Dinas Koperasi dan UKM,
Laksmi Edmon Staf Ahli kepala Daerah bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rusdi AR staf ahli kepala daerah bidang ekonomi dan keuangan, dan Sam Syaimun Kabag Keuangan Sekretariat DPRD.[*]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: