Tinggalkan komentar

Lahan Pasca Tambang Potensial Pertanian


SAMARINDA, Gerakan
Dengan jumlah penduduk paling besar di Kalimantan Timur, Samarinda memiliki potensi sangat baik untuk area pertanian, termasuk berpeluang mengembangkan perkebunan kelapa sawit yang saat ini dicanangkan Pemerintah Kota. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail dalam sambutannya saat jamuan makan malam peserta Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kalimantan Timur di Rumah Jabatan Walikota.
“Saat ini kami dari Pemerintah kota terus berupaya melakukan tindakan secara preventif terhadap perusahaan tambang batubara yang mengancam potensi pertanian di Samarinda,”ucap Nusyirwan yang malam itu didampingi Plh Sekda H Diwansyah dan Kadis Pertanian Marwansyah.Dia mengakui, sekarang ini ada 5 perusahaan tambang dengan izin PKP2B yang telah beroperasi dan berjalan dengan baik, walaupun pada hakikatnya tetap bertentangan dengan potensi pertanian.
Tetapi menurutnya, 5 perusahaan tadi bersedia menjalankan prosedur yang diharapkan Pemerintah dengan mengelola lahan pasca tambang yang nantinya bisa direklamasi dan dapat dimanfaatkan masyarakat.
“Sekarang ini di kecamatan Palaran, warga setempat telah menerapkan sewa lahan kepada perusahaan tambang, dan apabila perusahaan tadi sudah selesai menambang maka akan dikembalikan lagi kepada warga untuk dikelola sebagai lahan pertanian dan perkebunan dengan konter atau bentuk lahan pasca tambang sesuai yang diinginkan warga tersebut,” ujarnya.
Di kepemimpinan Syaharie Jaang bersama dirinya yang sudah berjalan beberapa bulan ini, dikatakannya Pemkot telah menutup izin operasi tiga perusahaan tambang batubara dengan berbagai pertimbangan salah satunya tidak menjalankan amdal dengan baik.
Sementara, Plt Ketua HKTI Kaltim Achmad Husri mengakui saat sekarang di kota Samarinda banyak para petani harus kehilangan pekerjaan akibat lahan pertanian yang ada diambil alih perusahaan batubara.
Tetapi menurut dia, apabila perusahaan batubara tadi mau berkomitmen menyerahkan kembali lahan pasca tambang ke masyarakat sesuai yang dikatakan Wakil Walikota Samarinda, maka potensi pertanian di kota tepian tidak akan tenggelam dan masih berpotensi dikembangkan. Jamuan makan malam itu juga dihadiri Sekjen HKTI pusat Fadly Zhon.[*]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: