Tinggalkan komentar

Bos Batu Bara Arogan, Warga Ngadu ke Camat


SAMBOJA, Gerakan
Puluhan warga Bukit Merdeka Km 48 Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar) mendatangi Kantor Camat Samboja. Mereka mengadukan ulah salah satu pimpinan PT Incor Prima Coal, perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di sekitar permukiman warga.
Pimpinan yang dinilai arogan oleh warga tersebut berinisial LKG. Saat menyampaikan aspirasinya di hadapan Camat Samboja, warga mengaku LKG cenderung menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah, mengeluarkan kata-kata yang kurang pantas sehingga masyarakat tersinggung saat mendengar. Bahkan sampai terjadi perkelahian.
“Baru kali ini hubungan warga dengan PT Incor Prima Coal tidak harmonis. Awalnya warga yang tinggal di sekitar ingin bekerja di perusahaan itu. Namun belakangan tidak mau. Karena dia (LKG) selalu menggunakan kekerasan, dan mengucapkan kata-kata tidak pantas,” beber H Rasidi, koordinator LSM Suara Arus Bawah Wilayah Samboja yang mendampingi warga.
Tidak sampai di situ, kata Rasidi, pernah suatu kali LKG mengucapkan kata yang melecehkan seluruh warga, termasuk kepada unsur muspika Samboja. Tuntutan warga adalah meminta kepada manajemen PT Incor Prima Coal memberhentikan LKG.
“Jika tuntutan tak dituruti warga akan menggelar aksi yang lebih besar. Kalau perlu warga akan menutup jalan. Sebab jalan yang digunakan mereka bukan jalan tambang, tetapi jalan kampung,” sebut dia.
Terkait hal tersebut, Camat Samboja meminta masyarakat untuk bersabar, dan tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri. Sebab, pihaknya telah menyurati perusahaan terkait keresahan yang diadukan warga.
“Permasalahan tersebut terkait pribadi seseorang. Jangan sampai karena satu orang, warga merugikan satu perusahaan, apalagi mereka merupakan investor di sini,” terang camat.
Camat berjanji akan memfasilitasi pertemuan warga dengan perusahaan sesegera mungkin. ” kita adakan pertemuan. Saya minta hanya delapan perwakilan dari masyarakat yang hadir, jangan ramai-ramai begini. Ini untuk kebaikan warga juga,” sebutnya.[*]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: